Tuesday, March 13, 2012

Membuat Nomor Halaman pertama berbeda dengan halaman selanjutnya


Punya kesulitan membuat nomor Halaman pertama beda?

Aku terinspirasi membuat tips ini karena beberapa waktu yang lalu aku melihat file tesis teman yang begitu ribet. Satu makalah dibuatnya bisa lebih dari 10 file kali. Setiap bab dibuat 2 file, file untuk no halaman pertama dan file untuk no halaman setelahnya. Belum lagi untuk no halaman Daftar (i, ii, dst) berbeda dengan no halaman Bab (I,II,II, dst).
Bagaimana prinsipnya?
Jadikan setiap bab sebagai section tersendiri. Section tersendiri ini contohnya: Bab I, Bab II dst masing-masing merupakan satu section tersendiri. Begitu juga antara Daftar Isi, Daftar Tabel, dst. Caranya:
  1. Setiap akan mengganti bab baru, jadikan bab baru itu sebagai new page. Caranya:
    1. Letakkan cursor di akhir bab.
    2. Klik Page Layout a break a new page
    3. Lakukan langkah di atas setiap akan pindah bab baru. Saya ingatkan lagi, lakukan ini pada perpindahan, contohnya: Daftar Isi ke Daftar Tabel, juga Daftar Tabel ke Bab I, dst.
  2. Masukkan nomor halaman Daftar (i, ii, iii, dst). Caranya:
    1. Tempatkan cursor pada halaman judul bab, co/ Kata Pengantar
    2. Klik Insert
      a Page Number a
      pilih posisi yang dinginkan. Resminya posisi Bawah bagian Tengah.

    3. Pastikan aktifkan (cek list) pada Difference First Page

    4. Klik Page Number a Format Page number a Pilih tipe i, ii, iii,; bila ini halaman pertama, maka pada start at, mulai dari i. a
      OK
    5. Pindahkan cursor pada halaman kedua dari daftar pustaka
    6. Klik Page Number a
      pilih posisi. Resminya KANAN ATAS

    7. Untuk Halaman2 bab selanjutnya tinggal menyesuaikan dengan format nomor. Bila nomor halaman bab nasih menggunakan tipe yang sama (i, ii, iii, …), pada bagian vi. Aktifkan pada posisi continue from previous section. Bila ingin mengubah format nomor halaman, Misalnya untuk BAB I yang menggunkan tipe 1,2,3…, tinggal mengubah bentuk penomoran (lihat kembali bagian vi.) dan pada bagian start at isi dengan 1.
  3. Ada kendala? Jangan mudah menyerah!. Coba aja lagi. … kalo tetep gak bisa, berarti aku mungkin yang bego membuat turotial ini. Maafkan!

    SELAMAT MENCOBA.....

No comments:

Post a Comment